Search

Modal Cabai 1 Kg, Susilaningsih Sukses Jual Sambal Hingga ...

SURYA.co.id | SURABAYA - Tidak ada usaha yang sia-sia. Ungkapan itu  pas bagi bisnis sambal milik Susilaningsih, warga Tenggilis Timur VI/DDI Surabaya ini.

Meski hanya sambal, bisnis perempuan paruh baya ini sudah tembus pasar lokal maupun insternasional, Amerika Serikat.

Susilaningsih yang pensiunan Pemprov Jatim awalnya hanya bermodal 1 kilogram cabai. Dia mulai bisnisnya tahun 2011 silam.

"Saya hobi masak, tapi nggak ada lagi yang makan masakan saya karena anak-anak sudah berkeluarga semua. Akhirnya saya masak untuk dijual," kisahnya, Selasa (19/12) saat ditemui Surya.co.id di acara Mlaku - Mlaku Nang Tunjungan.

Susilaningsih melanjutkan, kunci sukses jualan sambel miliknya adalah terus berinovasi. Perempuan paro baya ini bahkan mengikuti kegiatan Pahlawan Ekonomi, yang diselenggarakan Pemerintah Kota Surabaya.

"Waktu bergabung Pahlawan Ekonomi itu saya banyak belajar tentang bisnis kuliner. Mulai rasa sampai kemasan yang disukai pasar seperti apa. Sampai tahun 2013, saya dapat juara 2 Pahlawan Ekonomi," katanya semangat.

Perempuan berkerudung ini mengatakan, dari bisnis sambalnya dia pun menjuarai beberapa kali kompetisi kuliner. Di antaranya Pahlawan Ekonomi juara 2, tahun 2013, Juara 1 Pangan Award kementrian Perdagangan tahun 2014, dan masih banyak lagi.

Dari sanalah sambal Susilaningsih terkenal. Pihak Pemprov membantunya ekspor hingga Virginia, Amerika Serikat.

"Awalnya ya jual dari tetangga ke tetangga, lalu lama kelamaan pasar tambah banyak ngurus izin Bpom, Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga, izin halal MUI semuanya pelan-pelan sambil jalan," katanya.

Kini Susilaningsih sudah memperkerjakan lebih dari 10 orang karyawan. Setiap hari dirinya memproduksi sambal, dengan bahan baku 50 kilogram cabai, 50 kilogram bawang merah, 50 kilogram minyak nabati dan ikan.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi di sini http://surabaya.tribunnews.com/2017/12/19/modal-cabai-1-kg-susilaningsih-sukses-jual-sambal-hingga-amerika-serikat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Modal Cabai 1 Kg, Susilaningsih Sukses Jual Sambal Hingga ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.