Search

Ternyata Begini Cara Buat Nori Panggang, Camilan Sehat yang Gurih Renyah

Jakarta - Nori panggang kini jadi camilan sehat favorit banyak orang. Berbahan utama rumput laut, begini cara buat nori panggang dalam skala industri.

Nori panggang biasanya dipakai sebagai pembungkus sushi, taburan nasi, atau topping ramen. Tapi kini nori panggang juga dinikmati sendiri sebagai camilan. Teksturnya renyah karena berupa lembaran tipis. Ada juga sentuhan rasa gurih karena nori panggang turut dibumbui.

Ternyata Begini Cara Buat Nori Panggang, Camilan Sehat yang Gurih RenyahFoto: iStock

gimMe Seaweed di Amerika Serikat adalah salah satu produsen camilan seafood terbesar di dunia yang memproduksi nori panggang. Kepada Insider (13/12), mereka mengungkap proses pembuatan nori panggang. Sebelumnya Annie Chun selaku Co-founder gimMe Seaweed mengatakan, "(Makan nori panggang) seperti makan keripik kentang tapi lebih sehat. Renyah dan merupakan makanan yang sangat minim proses." Ia juga mengklaim nori panggang perusahannya organik dan bebas GMO.

Baca Juga: Nori dan Hijiki, Tanaman Laut yang Lezat dan Kaya Nutrisi (1)

Ternyata Begini Cara Buat Nori Panggang, Camilan Sehat yang Gurih RenyahFoto: iStock

Pertama, gimMe Seaweed mengambil rumput laut segar di pesisir Jangheung, Korea Selatan. Mereka memakai rumput laut merah atau biasa disebut nori. Saat diambil dalam keadaan mentah, nori mirip tumpukan lumpur berwarna hitam. Nelayan memanennya di laut menggunakan jaring besar.

Setelah itu rumput laut dibawa ke pabrik untuk dicuci, dibuat lembaran, dan dikeringkan. Semua proses ini melalui mesin produksi canggih. Proses berlanjut ke pemanggangan. Ada dua tahap pemanggangan nori yaitu pertama setelah dikeringkan, kedua setelah dibumbui.

Ternyata Begini Cara Buat Nori Panggang, Camilan Sehat yang Gurih RenyahFoto: iStock

Lembaran nori panggang selanjutnya dipotong menjadi kecil-kecil dan dikemas dalam kotak. Co-founder gimMe Seaweed, Steve Broad mengatakan rumput laut adalah sayuran penuh nutrisi. Ada protein, serat, vitamin C, zat besi. "Rumput laut penuh nutrisi luar biasa dan sangat rendah kalori," katanya.

Rasa nori panggang buatan gimMe beragam. Diantaranya sriracha almond, kelapa panggang, almond wijen, dan teriyaki.

Soal manfaat sehat, Healthy Food Tribe (13/12) merangkum beberapa nutrisi nori panggang. Diantaranya tinggi iodin, vitamin B12, dan potassium. Potassium sendiri merupakan mineral yang bantu turunkan tekanan darah dan kurangi risiko stroke serta penyakit jantung.

Baca Juga: Mewah! Sebungkus Nori Ini Dijual Seharga Rp 1.7 Juta

Simak Video "Icip-icip Sate Kambing Tegal Populer di Jakarta "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Let's block ads! (Why?)


Ternyata Begini Cara Buat Nori Panggang, Camilan Sehat yang Gurih Renyah
Baca Selanjutnya


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ternyata Begini Cara Buat Nori Panggang, Camilan Sehat yang Gurih Renyah"

Post a Comment

Powered by Blogger.