Search

Inilah Saatnya Berpesta Durian di Surga Durian Pesisir Selatan

Trenggalek -

Trenggalek merupakan salah satu daerah penghasil buah durian terbesar di Jawa Timur , dengan luas area hutan durian mencapai 650 hektare. Panen raya durian diperkirakan akan terjadi pada bulan Maret.

"Untuk awal tahun ini baru sekitar 10 persen yang panen, di wilayah Tasikmadu Kecamatan Watulimo. Kalau yang lain belum," tutur Wakil Administratur Perhutani Kediri Selatan Andi Iswindarto.

Produksi durian di wilayah Trenggalek cukup besar, bahkan sempat dicanangkan oleh Menteri Pertanian sebagai International Durio Forestry (IDF) terluas di dunia.

Produksi durian terbanyak di Trenggalek berada di Kecamatan Watulimo, yang meliputi Desa Sawahan, Dukuh, Pakel dan beberapa desa lain. Luas hutan durian di Kecamatan Watulimo sesuai dengan yang dicanangkan Menteri Pertanian mencapai 650 hektare.

Inilah Saatnya Berpesta Durian di Surga Durian Pesisir Selatan Ilustrasi durian Foto: istimewa

Baca Juga : Durian Enak dari Candimulyo Ini Wajib Dicicipi Pencinta Durian

"Sebetulnya luasan hutan durian itu lebih dari 650 hektare kalau digabung dengan Munjungan, Kampak dan Bendungan," ujarnya.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, hutan durian tersebut sebagian besar berada di kawasan hutan Perhutani. Namun pengelolaannya bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

"Di kawasan IDF ini ada sekitar 150 varietas durian dengan berbagai keunikan rasa. Dari ratusan varietas itu ada beberapa yang menjadi unggulan, seperti durian Ripto, Bawor, Kunir dan yang lain," imbuh Andi.

Inilah Saatnya Berpesta Durian di Surga Durian Pesisir Selatan Pesta durian Foto: Adhar Muttaqin / dok.detikFood

Saat musim panen raya tiba, masyarakat bisa berburu durian di beberapa sentra durian Trenggalek. Ada juga beberapa destinasi wisata yang menawarkan petualangan berburu durian dari hutan langsung.

"Mumpung masih ada waktu, monggo para pecinta durian siap-siap untuk ke Trenggalek. Maret puncak panen raya, tapi kalau mau sekarang juga sudah ada," kata Andi.

Baca Juga : Pencinta Durian? 5 Tempat Ini Punya Durian Masak yang Enak

Simak Video "Sensasi Rasa Dawet Hitam, Lebih Kenyal dan Gurih"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Let's block ads! (Why?)


Inilah Saatnya Berpesta Durian di Surga Durian Pesisir Selatan
Baca Selanjutnya


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Inilah Saatnya Berpesta Durian di Surga Durian Pesisir Selatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.