Search

Canggih! Tanpa Manusia, Dapur Restoran Ini  Dikelola Oleh Robot

Jakarta -

Restoran ini punya konsep unik yang menggunakan teknologi robot di dapur untuk memasak dan menghidangkan makanan. Tanpa bantuan manusia sedikitpun.

Restoran Spyce terletak di Boston, Amerika terkenal dengan 'robotic kitchen' atau dapur robot yang canggih buatan empat lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Baca Juga: Canggih! Robot Pelayan Ini Bisa Dikendalikan Pegawai Disabilitas

Dilansir dariMashable (16/02), robot yang ada di restoran ini bertugas untuk memasak setiap pesanan makanan pengunjung. Tujuannya agar para pelayan bisa lebih fokus untuk membuat para pengunjung nyaman di restoran ini.

Foto: Istimewa

Bagian dalam dapur restoran terdiri dari mesin robot dan wadah memasak yang dapat berputar secara otomatis. Dibutuhkan waktu kurang dari tiga menit untuk robot memasak makanan pesanan pengunjung.

Semua makanan yang dibuat oleh robot ini terdiri dari bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Jadi bukan makanan cepat saji atau makanan dingin yang dihangatkan melainkan makanan sehat.

Cara pemesanan makanan di restoran Spyce ini cukup praktis. Pengunjung hanya perlu memesan menu makanan yang mereka inginkan lewat tablet yang ada di depan restoran.

Foto: Istimewa

Setelah pesanan masuk, nanti ada beberapa pelayan yang bertugas untuk memasukkan bahan-bahan hingga bumbu ke dalam tujuh robot yang siap memasak. Tapi semua proses memasaknya tidak dibantu oleh manusia sama sekali.

Uniknya para pengunjung bisa melihat langsung proses robot-robot canggih ini ketika memasak lewat dapur kaca yang terbuka. Di bagian atas robot terdapat layar kecil yang menunjukkan status pesanan pengunjung.

Teknologi robot yang digunakan bisa memonitor tingkat kematangan makanan, pendinginan, dan suhu air ketika memasak. Tentunya semua teknologi robot ini dikembangkan dalam waktu yang cukup lama oleh empat mahasiswa lulusan MIT.

Foto: Istimewa

Beroperasi sejak tahun 2018 kini Spyce menjadi restoran sengan sistem otomatis pertama di dunia. Restoran ini menyajikan makanan sehat dengan harga terjangkau dan pelayanan yang cepat.

Kisaran menu makanan di sini sekitar $7,50 (Rp 102.00) dengan bahan utama sayuran dan rempah tanpa menggunakan daging sapi.

Selain Spyce banyak restoran hingga produsen makanan lainnya yang mulai beralih ke teknologi robot untuk membuat makanan.

Salah satunya seperti perusahaan teknologi bernama Picnic yang berasal dari Seattle. Mereka menciptakan robot canggih yang bisa membuat 300 porsi pizza dalam waktu satu jam saja. Robot ini diciptakan dengan tujuan agar bisa membantu orang membuat pizza lebih banyak.

Baca Juga: Wow! Robot Ini Mampu Hasilkan 300 Pizza Setiap Jam

Simak Video "Wah, Ada Robot Barista di Korea Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Let's block ads! (Why?)


Canggih! Tanpa Manusia, Dapur Restoran Ini  Dikelola Oleh Robot
Baca Selanjutnya


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Canggih! Tanpa Manusia, Dapur Restoran Ini  Dikelola Oleh Robot"

Post a Comment

Powered by Blogger.