Search

Ini Makanan Sederhana yang Jadi Favorit Ganjar Pranowo

Jakarta -

Di tengah kesibukan sebagai gubernur, Ganjar Pranowo masih sempat berburu makanan enak. Ada makanan sederhana yang selalu bikin ia bahagia.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dikenal sebagai sosok yang tegas juga ramah. Di akhir pekan, seringkali ia bersepeda keliling Semarang dan selalu meluangkan waktu menyinggahi warung-warung penjual makanan tradisional, Dari soto, sayur lodeh hingga mangut ikan mayung. Sambil makan enak tentu saja bertemu dengan masyarakat.

'Saya paling suka makanan pedas. Meskipun saya lama tinggal di Yogyakarta. Saya kurang suka makanan manis. Saya suka yang pedas dan bikin keringatan,' tutur Ganjar Pranowo pada detikcom di Puri Gedeh, Minggu malam (16/02).

 Ini Makanan Sederhana yang Jadi Favorit Ganjar PranowoFoto: instagram @ganjar_pranowo

Soal mencicipi dan memilih makanan enak, orang nomor satu di Jawa Tengah ini memang jagoannya. Hal ini berkat hidup mandiri saat di bangku SMA di Yogyakarta hingga menamatkan studi di UGM. Hidup jauh dari orang tua dengan kondisi keluarga yang pas-pasan membuat ia selalu kreatif mengolah makanan.

'Saya suka sambal tempe memakai kencur dan bawang putih. Kenapa sambal tempe? Karena itu yang paling cepat disiapkan untuk sarapan. Ibu juga yang mengajari saya cuci piring, ngepel dan menyapu halaman yang luas', ungkapnya tentang makanan enak yang disukainya.

Selain nasi goreng yang diajarkan oleh sang ibu dan jadi menu sarapannya. Sambal tempe dengan nasi hangat juga menjadi makanan favoritnya saat sarapan. Mungkin sarapan ini yang membuat Ganjar Pranowo jadi selalu sehat. Mengingat tempe adalah makanan yang kaya protein nabati dan beragam vitamin lain sehingga tempe jadi superfood di masa sekarang.

 Ini Makanan Sederhana yang Jadi Favorit Ganjar PranowoFoto: dok. detikFood

Sewaktu kost di Yogyakarta, iapun harus belajar memasak. Karena kalau tak bisa memasak berarti tak makan. 'Biasanya saya beli kacang panjang dan tempe. Terus bawang merah, bawang putih, lengkuas dan daun salam siapkan dan dirajang. Dibuat oseng-oseng kacang panjang. Terus lauknya tempe goreng. Waduh, enak dan sedap banget,' kenangnya akan masa sekolah di Yogyakarta.

Bukan hanya suka berburu makanan enak. Ganjar Pranowo juga sangat paham soal detil dan 'sentuhan' yang bikin masakan rumahan jadi sedap dan enak.

'Saya sekarang kalau di rumah lihat lauk ayam kurang selera. Paling doyan ya sambal tempe dan gereh ikan layur. Bahkan sambal makin enak kalau disiram minyak jelantah,' ungkap gubernur yang selalu murah senyum ini.

Simak Video "Mencicip Teh Telur Favorit Ganjar Pranowo"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Let's block ads! (Why?)


Ini Makanan Sederhana yang Jadi Favorit Ganjar Pranowo
Baca Selanjutnya


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Makanan Sederhana yang Jadi Favorit Ganjar Pranowo"

Post a Comment

Powered by Blogger.