Search

Berasal dari Karibia, Kini BBQ Jadi Tradisi Malam Tahun Baru di Indonesia

Jakarta - Pesta BBQ, atau pesta serba panggang jadi acara perayaan tahun baru di Indonesia. Pesta BBQ sendiri sebenarnya berasal dari Karibia sejak 493 tahun yang lalu.

Jelang perayaan tahun baru, banyak orang di Indonesia yang mulai mempersiapkan pesta BBQ sebagai acara tahunan di malam pergantian tahun. Tradisi bakar atau panggang sate atau daging ini, ternyata berasal dari Pulau Karibia yang dikenal sekitar tahun 1526.

Baca Juga: Pesta BBQ Asyik dan Unik di Seluruh Dunia

Berasal dari Karibia, Kini BBQ Jadi Tradisi Malam Tahun Baru di IndonesiaFoto: iStock

Dulu orang-orang di Karibia, tepatnya suku Taino, sering memanggang daging atau makanan, menggunakan panggangan dari kayu, dengan tambahan saus hingga rempah-rempah di atasnya. Di tahun 1755, kata barbecue masuk ke dalam kamus bahasa Inggris, yang diartikan sebagai teknik memasak. Sejak saat itu lah popularitas BBQ menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berbeda dengan tradisi BBQ di Amerika yang biasanya berlangsung pada Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, setiap tanggal 4 Juli. Atau jadi acara kumpul keluarga di akhir pekan. Pesta BBQ sering dilakukan oleh keluarga-kelaurga di Amerika. Di Indonesia, tradisi BBQ ini justru dilakukan pada malam tahun baru.

Jika dulu hidangan BBQ identik dengan daging sapi saja, tapi kini variasi hidangannya cukup beragam. Ada menu ikan bakar, udang bakar, cumi, lobster, dan tak ketinggalan daging ayam yang diolah menjadi sate hingga pelengkap menu BBQ.

Berasal dari Karibia, Kini BBQ Jadi Tradisi Malam Tahun Baru di IndonesiaFoto: iStock

Di ulasan khusus minggu ini, detikFood akan membahas tentang Pesta BBQ. Mulai dari persiapannya seperti alat panggangan sederhana, arang yang digunakan, hingga cara membuat api arang tak cepat mati dan pemilihan tusuk sate yang pas sesuai daging yang digunakan.

Kemudian ada juga tips memilih ikan dan seafood yang masih segar, cara membumbui daging sebelum dipanggang, kemudian racikan bumbu spesial untuk marinasi daging, jenis sosis yang cocok dibakar, hingga cara membakar jagung yang gurih dan empuk.

Bagi yang masih bingung dengan menu BBQ untuk malam tahun baru nanti, tak perlu khawatir, karena ada berbagai rekomendasi resep praktis yang bisa dibuat langsung di rumah. Dari resep ayam panggang, resep olahan daging sapi panggang, resep ikan bakar yang enak, hingga aneka resep seafood dari udang sampai kerang untuk malam tahun baru.

Berasal dari Karibia, Kini BBQ Jadi Tradisi Malam Tahun Baru di IndonesiaFoto: iStock

Ulasan kali ini juga akan membahas tentang cara membuat ikan bakar dengan saus kuning, membuat sate ayam yang praktis dan enak, hingga membuat udang bakar dengan bumbu sederhana, yang mudah untuk dibuat.

Nah, bagi Anda yang berniat untuk menggelar pesta BBQ di rumah untuk malam tahun baru nanti. Simak terus berbagai artikel menarik di detikFood mulai hari ini.

Baca Juga: Ini 4 Tips Agar Pesta Barbeque Berjalan Lancar

Simak Video "Puas Makan BBQ Platter ala Korea yang Murah Meriah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Let's block ads! (Why?)


Berasal dari Karibia, Kini BBQ Jadi Tradisi Malam Tahun Baru di Indonesia
Baca Selanjutnya


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berasal dari Karibia, Kini BBQ Jadi Tradisi Malam Tahun Baru di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.