Search

Genipapo, Buah Berry yang Jadi Pewarna Biru Alami Makanan

Jakarta - Makanan berwarna biru begitu menarik perhatian. Ada buah yang bisa ciptakan warna biru alami pada beragam makanan.

Jenis buah berry matang dari pohon genipa bernama genipapo sudah lama dimanfaaatkan di Amerika Tengah dan Selatan sebagai bahan pembuatan sirup dan liquor. Tapi beberapa tahun belakangan, genipapo mentah jadi sangat populer karena kegunaan lainnya.

Dikutip dari Oddity Central (26/12), genipapo mentah dipakai sebagai pewarna biru alami makanan. Ternyata kegunaan ini sudah didokumentasikan sejak zaman penjajahan Amerika Selatan, ketika orang-orang Eropa mengatakan komunitas lokal seperti Tupinambas dan Pataxos memakai genipapo mentah sebagai pewarna tato temporer.

Genipapo, Buah Berry yang Jadi Pewarna Biru Alami MakananFoto: Istimewa

Tapi baru di tahun 2014, masyarakat setempat tahu kalau genipapo mentah juga bisa dipakai sebagai pewarna biru alami untuk makanan. Adalah profesor dan ahli biologi Valdely Kinupp yang menunjukkan detail proses ekstraksi pigmen biru yang bisa dimakan dari genipapo. Ia menuliskannya dalam buku 'Unconventional Food Plants in Brazil'.

"Genipapo mendapat status fashionable semenjak peluncuran buku ini. Sebelumnya, jarang orang membicarakan buah ini dalam konteks makanan. Genipapo menjadi tren dengan adanya roti biru, susu biru, puding biru, dan banyak resep lain yang hadirkan warna biru," kata Kinupp.

Genipapo, Buah Berry yang Jadi Pewarna Biru Alami MakananFoto: Istimewa

Di tahun 2017, tren makanan biru kian populer setelah penulis makanan Neide Rigo memperkenalkan versi lain warna biru dari genipapo mentah. Tak seperti hasil ekstraksi Kinupp yang hasilkan biru gelap cenderung hitam, Rigo berhasil menemukan formula agar warna biru yang dihasilkan lebih terang dan cantik.

Ia memanfaatkan genipin, senyawa yang bisa hasilkan warna biru cerah ketika bereaksi dengan protein dan asam amino. "Dari situlah banyak orang mulai memanfaatkan susu biru sebagai pewarna. Kehadiran susu biru membuka berbagai kemungkinan," terang Rigo.

Genipapo, Buah Berry yang Jadi Pewarna Biru Alami MakananFoto: Istimewa

Mengapa susu? Sebab susu mengandung protein dan asam amino yang dibutuhkan genipin untuk berubah warna. Barulah susu biru ini dikreasikan menjadi makanan lain. Rigo membuat berbagai resep makanan biru seperti saus, roti, pasta, cake, dan tortilla.

Banyak chef akhirnya juga tertarik dengan pewarna biru alami, genipapo. Kreasi mereka ada yang sangat terkenal seperti îles flottantes. Berupa dessert meringue putih yang mengambang di atas 'lautan' krim anglaise biru.

Genipapo, Buah Berry yang Jadi Pewarna Biru Alami MakananFoto: Istimewa

"Ketika saya menyelesaikan makanan itu, saya sadar platingnya terlihat seperti langit dan awan dibanding laut dengan pulau yang mengambang, yang membuat makanan ini jadi lebih cantik," kata chef Cesar Costa soal îles flottantes. Banyak tamu senang dengan kreasinya ini.

Simak Video "Uniknya Abon Pepaya, Cocok untuk Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Let's block ads! (Why?)


Genipapo, Buah Berry yang Jadi Pewarna Biru Alami Makanan
Baca Selanjutnya


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Genipapo, Buah Berry yang Jadi Pewarna Biru Alami Makanan"

Post a Comment

Powered by Blogger.