Search

Dinkes Kota Blitar Sidak Pasar Tradisional

Petugas saat memeriksa dagangan pedagang di Pasar Tradisional.(Foto : Istimewa)

Petugas saat memeriksa dagangan pedagang di Pasar Tradisional.(Foto : Istimewa)

JATIMTIMES, BLITAR – Jelang Natal dan tahun baru, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar  menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah  pasar tradisional di Kota Blitar, Senin (4/12/2017).

Sidak ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengecek makanan maupun minuman kadaluwarsa yang mungkin beredar di pasaran. Selain mengecek tanggal kedaluwarsa pangan, Dinkes Kota Blitar juga mengecek izin dari Pangan Industri rumah tangga yang tidak memenuhi syarat.

“Dari sidak ini kami menemukan bayak varian makanan yang tak layak konsumsi. Selain kedaluwarsa, juga didapati makanan dan minumam yang mengandung borax dan tidak memiliki Perizinan industri rumah tangga (PIRT). mamin tersebut bukan diproduksi langsung oleh pedagangnya melainkan di suplai oleh produsen,” kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Blitar, dr Dharma Setyawan.

Dijelaskan, berbagai mamin yang tidak layak dikonsumsi diantaranya sambel pecel yang tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa, makanan ringan berupa kue kering yang tidak memiliki PIRT, makanan ringan yang sudah kadaluwarsa, serta krupuk mentah yang diduga mengandung borax.

“Semua produk makanan tersebut kami ambil sampelnya. Kami ingin  memastikan bahwa mamin yang beredar di masyarakat dalam kondisi aman,” terangnya.

Lebih dalam dr Dharma menyampaikan sidak kali ini sifatnya pembinaan. sehingga pihaknya tidak memberikan sanksi kepada pedagang yang menjual mamin tak layak konsumsi. Ia menegaskan, pedagang diberikan sosialisasi agar tidak menjual produk-produk yang tak layak konsumsi. Termasuk untuk menolak jika ada produsen yang menawarkan untuk menjual produk yang tidak mencantumkan PIRT dan tanggal kadaluwarsa. 

"Ini sifatnya pembinaan saja, namun kita sosialisasikan ke pedagang agar berani dan tegas menolak jika ditawari produk yang tidak mencantumkan PIRT dan tanggal kadaluwarsa," ungkapnya.(*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi di sini http://www.jatimtimes.com/baca/162873/20171204/181242/dinkes-kota-blitar-sidak-pasar-tradisional/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dinkes Kota Blitar Sidak Pasar Tradisional"

Post a Comment

Powered by Blogger.