Search

Boneka Kelinci, Wadah Sambel Jadi Penandan Koper Para Jamah ...

JOMBANG.TV – Berbagai macam benda dipakai menjadi tanda khusus untuk sejumah barang bawaan para Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Jombang. Selain pita berwarna, koper mereka juga dipasangi Boneka Kelinci, cangkir minun, hingga barang pribadi, sebagai penanda agar tidak tertukar.

Seperti yang terlihat di Aula Darul Hikmah, kantor Kementrian Agama (kemenag) Kabupaten Jombang, pada Sabtu Sore (11/08/2018). Ribuan koper para jamaah yang dikumpulkan di Aula, masing-masing diberi tanda oleh pemiliknya agar mudah dikenali. Bahkan, dari sekian banyak koper yang dikumpulkan, ada yang ditandai dengan meletakkan wadah sambel diatasnya.

“Ini mungkin untuk memudahkan. Kalau koper ditandai dengan khas kan bisa cepat dikenali,” ujar Sulthon, salah seorang keluarga Calon Jamaah, Sabtu Sore (11/08/), saat meletakkan koper di Aula, Kemenag.

Koper Para Calon Jamaah Haji Yang Diletakkan di Aula Kemenag

Penanda khusus yang diletakkan di koper para CJH ini, dilakukan agar mereka merasa aman dan lebih mudah mengenali koper masing-masing. Meski demikian, Kepala Kemenag Jombang, Abdul Harris, menyebut, penandaan seharusnya tidak perlu karena penyelenggaraan haji tahun 2018 ini, kopernya sudah ada penanda khusus yang disamakan dengan paspor.

“Pemberian tanda dengan barang-barang tertentu itu sebenarnya tidak perlu dilakukan lagi. Memang penyelenggaraan haji tahun ini kopernya sudah ada penanda khusus yang disamakan dengan paspor. Tapi mau bagaimana lagi, yang pentinig barang yang dibawa aman dan bukan barang yang dilarang.” katanya.

Sekedar diketahui, di Kabupaten Jombang ada sekitar 1.117 CJH yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima. Dengan begitu mereka juga sudah dinyatakan istitha’ah (mampu) mengikuti rangkaian ibadah haji dari sisi fisik dan kesehatan. Adapun yang 431 CJH lansia diimbau untuk waspada sebab mereka berisiko.

“Kami harap seluruh jamaah menjaga kesehatannya. Pengumpulan koper CJH kloter 78 dan 79 dan 80 sudah dilakukan. Nanti pemberangkatan seluruh CJH Jombang pada 12 sampai 13 Agustus sesuai kloter masing-masing,” pungkas Abdul Haris. (jbg-2/aw).

Baca Juga;
Cuaca Ekstrim, 1.115 CJH Jombang Diminta Jaga Kesehatan

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi di sini https://jombang.tv/boneka-kelinci-wadah-sambel-jadi-penandan-koper-para-jamah-haji-jombang/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Boneka Kelinci, Wadah Sambel Jadi Penandan Koper Para Jamah ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.