Search

Arabika, Mesin Pengolah Kacang Multifungsi Ciptaan Mahasiswa ...

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Kreatifitas para mahasiswa Politeknik Kediri melahirkan karya inovasi teknologi yang patut diacungi jempol. Salah satu kreatifitas yang dihasilkan berupa mesin pengolah kacang multifungsi yang diberi nama Arabika. 

Mesin pengolah kacang yang dirancang tim mahasiswa yang terdiri Agus Setyono, Alib Yuniar Ramadhan, Bayu Agung Santoso, Rohbitta Vinatu Vetta dan Riswan Wiko Wahyu menang dalam lomba Inovasi Teknologi bidang Agrobisnis Kota Kediri.

Ketua Tim Agus Setyono menjelaskan, latar belakang merancang mesin pengolah kacang bermula dari keprihatinan masih banyak pengusaha sambel pecel dan petani yang mengolah secara manual.

Mahasiswa Kediri ini Temukan Aplikasi Ujian Berbasis Komputer untuk Siswa Tunanetra

Seperti dilakukan keluarga salah satu anggota tim yang merupakan home industri sambel pecel di Desa Bangle, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.

Cara pengolahan sambel pecel masih dilakukan secara manual. Sehingga mulai dari proses sanggrai atau penggorengan dan penumbukan sambel pecel masih manual. "Sambel ditumbuk masih pakai alu," ungkap Agus kepada, Senin (27/8/2018).

Sehingga proses produksi sambel dinilai sangat tidak efisien. Padahal sambel pecel banyak diminati masyarakat serta menjadi produk unggulan dan ikon khas di Kediri.

"Kami mencoba membuat mesin supaya proses produksinya efisien sehingga mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," ungkapnya.

Sorot Kasus Pungli SIM di Polres Kediri, IPW Minta Kapolres Dicopot dan Dihukum Berat

Di pihak lain mahasiswa juga melakukan observasi di Desa Mojokendil, Kabupaten Nganjuk yang merupakan sentra penghasil kacang tanah. Proses pascapanen kacang tanah ternyata juga butuh waktu yang lama.

Karena setelah panen kacang harus dijemur lebih dahulu baru kemudian dikuliti. Sehingga prosesnya memakan waktu sampai beberapa hari. Proses tersebut banyak membuang energi, waktu dan tentunya biaya.

"Atas dasar kedua masalah itu kami menciptakan mesin pengolah kacang multifungsi," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi di sini http://jatim.tribunnews.com/2018/08/27/arabika-mesin-pengolah-kacang-multifungsi-ciptaan-mahasiswa-politeknik-kediri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Arabika, Mesin Pengolah Kacang Multifungsi Ciptaan Mahasiswa ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.