Search

Ini 5 Tempat Makan yang Namanya Terinspirasi dari Sosok Ibu

Jakarta - Masakan sang ibu yang enak dengan sentuhan kasih sayang pasti bikin kangen. Ini 5 tempat makan yang namanya terinspirasi dari sosok ibu. Apa saja ya?

Ibu selalu membuat masakan rumahan enak untuk seluruh keluarga di rumah. Tangan halusnya sangat piawai meracik bumbu dan juga bahan makanan sehingga menghasilkan rasa yang enak. Tak terkecuali dengan sosok ibu yang juga namanya jadi inspirasi rumah makan. Racikan makanan di sini menunjukkan makanan yang dibuat oleh sang ibu.

1. Penyetan Bu Kris

Ini 5 Tempat Makan yang Namanya Terinspirasi dari Sosok IbuFoto: Istimewa

Menyajikan makanan bergaya Suroboyoan ini punya beragam lauk dengan paduan sambal. Ada ayam, babat, apru, bebek, cumi, rempelo ati, udang, tahu, terong, bakso hingga iga. Semuanya dipenyet dan disajikan dengan racikan sambal pedas. Sudah lebih dulu populer di Surabaya, Jawa Timur, kini penyetan milik Ibu Kris ada beberapa cabang di Jakarta.

Sambal merah yang pedas, makin enak dinikmati bersama dengan kembang kol dan timun. Semakin nikmat disantap dengan paduan nasi putih hangat dan kerupuk. Huah, Pedas dan mantap! Jika ingin berkunjung ke Penyetan Bu Kris, Anda bisa mampir ke Jalan RS. Fatmawati No. 37D, Fatmawati, Jakarta Selatan.

2. RM. Puas Ibu Hj. Maryam

Ini 5 Tempat Makan yang Namanya Terinspirasi dari Sosok IbuFoto: Detikfood

Di kawasan Condet, ada nasi kebuli legendaris. Bernama RM. Puas Ibu Hj. Maryam, rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1965. Dikenal dengan menu nasi briyani dan kebuli, Anda bisa memilih dua jenis daging yaitu kambing atau ayam. Menunya menggunakan resep turun temurun yang mendapat pengaruh Arab. Tekstur dagingnya empuk dengan pelengkap bumbu cokelat yang nikmat. Mau coba?

Langsung saja datang ke Restoran Puas Ibu Hj. Maryam yang berada di Jalan Condet Raya No. 78, Jakarta Timur.

Baca juga: RM Puas Ibu Hj. Maryam: Sedapnya Nasi Kebuli dan Briyani Legendaris Berlauk Kambing Goreng

3. Sate Kambing Ibu Yanti

Ini 5 Tempat Makan yang Namanya Terinspirasi dari Sosok IbuFoto: dok.detikFood

Sate Kambing Ibu Yanti sudah ada di daerah Duren Tiga sejak tahun 1970-an. Beberapa tokoh seperti Ali Sadikin dan Iwan Fals juga pernah mengunjungi warung ini. Sate kambing racikan Ibu Yanti ini memiliki tekstur empuk tanpa ada rasa prengus. Makin enak dinikmati bersama dengan bumbu kacang atau sambal kecap plus acar dan irisan bawang merah.

Enak disantap dengan nasi ataupun lontong. Sate Kambing Ibu Yanti ini ada di Jalan PLN Duren Tiga No. 11, sebelah Rumah Sakit Bersaliin Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Baca juga: Sate Kambing Ibu Yanti: Sedapnya Sate Kambing Empuk dan Tongseng Racikan Ibu Yanti

4. Masakan Rumah Bu Endang

Ini 5 Tempat Makan yang Namanya Terinspirasi dari Sosok IbuFoto: detikFood

Suka dengan masakan Jawa? Anda bisa mampir ke rumah makan Ibu Endang. Orang-orang yang rindu masakan Ibu di kampung ini pun akhirnya menemukan "Ibu" dalam diri Bu Endang yang selalu menebar senyum ramah sambil menyajikan berbagai masakan khas di rumah makannya yang cozy.

Salah satu menunya ada lontong cap gomeh, nasi opor sambel goreng, mangut iwak pe serta bestik lidah. Kabarnya Almarhumah Ainun Habibi dan Habibi serta Iwan Tirta pun sering menikmati sajian telur bumbon petis hingga empal kelem di sini.

Masakan Rumah Bu Endang berada di Jalan Cipete Raya No. 16 C, Jakarta Selatan.

Baca juga: Masakan Jawa Gaya Rumahan di Cipete

5. Pisang Goreng Bu Nanik

Ini 5 Tempat Makan yang Namanya Terinspirasi dari Sosok IbuFoto: Istimewa

Pisang goreng madu Bu Nanik mudah dikenali dari bentuknya yang bulat lebar. Permukaannya juga dipenuhi totolan hitam yang merupakan gula atau karamel alami saat pisang digoreng. Bu Nanik menggunakan pisang raja matang sebagai bahan utama pembuatan pisang goreng.

Potongan pisang raja lalu dicampur adonan tepung terigu dan digoreng dengan bentuk melebar. Pisang goreng madu Bu Nanik terasa empuk manis dengan aroma karamel yang enak. Selain pisang goreng, Bu Nanik juga punya ubi goreng madu, nanas goreng madu, sukun goreng madu dan ote-ote yang sayang dilewatkan. Kalau mau membelinya, langsung saja melipir ke Jalan Tanjung Duren Raya No. 67, Jakarta Barat.

(lus/lus)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi di sini https://food.detik.com/info-kuliner/d-3782127/ini-5-tempat-makan-yang-namanya-terinspirasi-dari-sosok-ibu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini 5 Tempat Makan yang Namanya Terinspirasi dari Sosok Ibu"

Post a Comment

Powered by Blogger.